Pages

Rabu, 02 Juni 2010

STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH


STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB

MADRASAH ALIYAH

A. LATAR BELAKANG

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, Kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur'an-Hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.

Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMA/MA, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.

B. TUJUAN

1. Al-Qur'an-Hadis

Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari Al-Qur'an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian al-Qur'an dan al-Hadis terutama menyangkut dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al-Qur'an dan al-Hadis sebagai persiapan untuk hidup bermasyarakat. Secara substansial, mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur'an-hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis bertujuan untuk:

a. Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur'an dan hadis

b. Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan

c. Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur'an dan hadis yang dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur'an dan hadis.

2. Akidah-Akhlak

Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari dan memperdalam akidah-akhlak sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan untuk hidup bermasyarakat dan/atau memasuki lapangan kerja. Pada aspek akidah ditekankan pada pemahaman dan pengamalan prinsip-prinsip akidah Islam, metode peningkatan kualitas akidah, wawasan tentang aliran-aliran dalam akidah Islam sebagai landasan dalam pengamalan iman yang inklusif dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman tentang macam-macam tauhiid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmuaniyah, tauhiid mulkiyah, dan lain-lain serta perbuatan syirik dan implikasinya dalam kehidupan. Aspek akhlak, di samping berupa pembiasaan dalam menjalankan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, juga mulai diperkenalkan tasawuf dan metode peningkatan kualitas akhlak.

Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-Akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:

1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

2. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

3. Fikih

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari fikih yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian fikih baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah, yang dilandasi oleh prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah usul fikih serta menggali tujuan dan hikmahnya, sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan untuk hidup bermasyarakat. Secara substansial, mata pelajaran Fikih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah bertujuan untuk:

1. Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.

2. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/ peradaban Islam di masa lampau, mulai dari dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah, kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat, sampai perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M–1250 M, abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M–1800 M), dan masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

a. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

b. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan

c. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan peradaban Islam.

5. Bahasa Arab

Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhasap bahasa Arab, baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Isalam yaitu al-Qur'an dan al- hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.

Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah Aliyah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Pada tingkat pendidikan lanjut (advanced), dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.

Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah memiliki tujuan sebagai berikut:

a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).

b. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.

c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

6. Bahasa Arab (Program Bahasa)

Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Penguasaan bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran bahasa Arab secara formal di Madrasah Aliyah merupakan sarana utama bagi peserta didik untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangan keterampilan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulis untuk memahami dan menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan. Dengan demikian, mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas, terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.

Mata pelajaran bahasa Arab pada Madrasah Aliyah Program Bahasa memiliki tujuan sebagai berikut:

a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).

b. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.

c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

C. RUANG LINGKUP

1. Al-Qur’an-Hadis

a. Masalah dasar-dasar ilmu al-Qur'an dan al-Hadis, meliputi:

1) Pengertian al-Qur'an menurut para ahli

2) Pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi

3) Bukti keotentikan al-Qur'an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya

4) Isi pokok ajaran al-Qur'an dan pemahaman kandungan ayat-ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an

5) Fungsi al-Qur'an dalam kehidupan

6) Fungsi hadis terhadap al-Qur'an

7) Pengenalan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an

8) Pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.

b. Tema-tema yang ditinjau dari perspektif al-Qur'an dan al-hadis, yaitu:

1) Manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.

2) Demokrasi.

3) Keikhlasan dalam beribadah

4) Nikmat Allah dan cara mensyukurinya

5) Perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

6) Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa

7) Berkompetisi dalam kebaikan.

8) Amar ma ‘ruf nahi munkar

9) Ujian dan cobaan manusia

10) Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

11) Berlaku adil dan jujur

12) Toleransi dan etika pergaulan

13) Etos kerja

14) Makanan yang halal dan baik

15) Ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Akidah-Akhlak

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah meliputi:

a. Aspek akidah terdiri atas: prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asma’ al-husna, macam-macam tauhiid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmaaniyah, tauhiid mulkiyah dan lain-lain, syirik dan implikasinya dalam kehidupan, pengertian dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, dan aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern),

b. Aspek akhlak terdiri atas: masalah akhlak yang meliputi pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji dan tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam akhlak terpuji seperti husnuzh-zhan, taubat, akhlak dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu, adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan, akhlak terpuji dalam pergaulan remaja; serta pengenalan tentang tasawuf. Ruang lingkup akhlak tercela meliputi: riya, aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), israaf, tabdzir, dan fitnah.

3. Fikih

Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah meliputi : kajian tentang prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam; hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah dan cara pengelolaannya; hikmah kurban dan akikah; ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah; hukum Islam tentang kepemilikan; konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya; hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya; hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu beserta hikmahnya; hukum Islam tentang daman dan kafaalah beserta hikmahnya; riba, bank dan asuransi; ketentuan Islam tentang jinaayah, Huduud dan hikmahnya; ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya; hukum Islam tentang keluarga, waris; ketentuan Islam tentang siyaasah syar’iyah; sumber hukum Islam dan hukum taklifi; dasar-dasar istinbaath dalam fikih Islam; kaidah-kaidah usul fikih dan penerapannya.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Aliyah meliputi :

a. Dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode Madinah.

b. Kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat.

c. Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M – 1250 M).

d. Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M).

e. Perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang).

f. Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.

5. Bahasa Arab

Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, hari-hari besar Islamdan tokoh-tokoh Islam untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

6. Bahasa Arab (Program Bahasa)

Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Program Bahasa terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan.

D. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

1. Al-Qur'an-Hadis

a. Kelas X, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami pengertian al-Qur'an dan bukti keotentikannya

1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut para ahli

1.2 Membuktikan keotentikan al-Qur'an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.

1.3 Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur'an

2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur'an

2.1 Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur'an

2.2 Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an

2.3 Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an

2.4 Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an

3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan

3.1 Mendeskripsikan fungsi al-Qur'an

3.2 Menunjukkan perilaku orang yang menfungsikan al-Qur'an

3.3 Menerapkan fungsi al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari

4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an

4.1 Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an

4.2 Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an

5. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi

5.1 Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

5.2 Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

5.3 Menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

6. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang demokrasi

6.1 Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura: 38.

6.2 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura : 38.

6.3 Menerapkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imraan 159 dan QS Asy-Syuura: 38. dalam kehidupan sehari-hari

b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami istilah-istilah hadis

1.1 Mendefinisikan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.

1.2 Membandingkan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.

1.3 Menerapkan pengertian hadis, sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), khabar, atsar dan hadis qudsi.

2 Memahami sanad dan matan hadis

2.1 Menjelaskan pengertian sanad dan matan.

2.2 Menerapkan pengertian sanad dan matan dalam hadis.

3 Mendeskripsikan fungsi hadis terhadap al-Qur'an

3.1 Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur'an

3.2 Menunjukkan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur'an.

3.3 Menerapkan fungsi hadis terhadap al-Qur'an.

4 Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.

4.1 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.

4.1 4.2 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kualitasnya

5 Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah

5.1 Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

5.2 Menjelaskan kandungan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

5.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

5.4 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

c. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya

1.1. Mengartikan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur

1.2. Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur

1.3. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur

1.4. Mengidentifikasikan macam- macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf: 9-13

1.5. Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS al-’Ankabuut: 17, dan hadis tentang syukur nikmat

2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

2.1 Mengartikan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.

2.2 Menjelaskan kandungan QS ar-Ruum: 41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.

2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27.; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.

2.4 Menerapkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58 dan QS Shad:27, QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.

d. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa

1.1 Mengartikan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa

1.2 Menjelaskan kandungan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa

1.3 Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang mengamalkan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa

1.4 Menerapkan prilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum dhuafa QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa

2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang berkompetisi dalam kebaikan.

2.1 Mengartikan QS al-Baqarah :148; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97

2.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97

2.3 Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97

2.4 Mengidentifikasi hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan.

2.5 Menerapakan prilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97

3. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar

3.1 Mengartikan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

3.2 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.

3.4 Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar seperti terkandung dalam QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami ayat al-Qur'an dan Hadis tentang ujian dan cobaan

4.1 Mengartikan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.

4.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.

4.3 Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.

4.4 Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.

Kelas XII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.1 Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.2 Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.

1.4 Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96; dan Hadis tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat

2.1 Mengartikan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.2 Menjelaskan kandungan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.3 Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.

2.4 Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari

3. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur

3.1 Mengartikan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.

3.2 Menjelaskan kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.

3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur

3.4 Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkandung dalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur

e. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan

1.2 Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.

1.2 Menjelaskan kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.

1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.

1.3 Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja

2.1 Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja

2.2 Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja

2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja

2.4 Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja.

3. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik

3.1 Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

3.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

3.4 Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.

3.5 Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi

4.1 Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

4.2 Menjelaskan kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

4.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

4.4 Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.

2. Akidah-Akhlak

a. Kelas X, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas akidah

1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip akidah

1.2 Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas akidah

1.3 Menerapkan prinsip-prinsip akidah dalam kehidupan

1.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akidah dalam kehidupan

2. Memahami Tauhiid

2.1 Menjelaskan pengertian tauhiid dan istilah-istilah lainnya

2.2 Menjelaskan macam-macam tauhiid (uluuhiyah, rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah dan lain-lain)

2.3 Menunjukkan perilaku orang yang ber-tauhiid

2.4 Menerapkan perilaku ber-tauhiid dalam kehidupan sehari-hari

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Memahami syirik dalam Islam

3.1 Menjelaskan pengertian syirik

3.2 Mengidentifikasi macam-macam syirik

3.3 Menunjukkan perilaku orang yang berbuat syirik

3.4 Menjelaskan akibat perbuatan syirik

3.5 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari

4. Memahami masalah akhlak dan metode peningkatan kualitas akhlak

4.1 Menjelaskan pengertian akhlak

4.2 Menjelaskan induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk akhlak tercela

4.3 Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas akhlak

4.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak dalam kehidupan

b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam al-asma' al husna

1.1 Menguraikan 10 al-asma' al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)

1.2 Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran melalui sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al husna (al-‘Aziiz, al-Ghafuur, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari

1.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww) dalam kehidupan sehari-hari

2 Membiasakan perilaku terpuji

2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan dan bertaubat

2.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat

2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan dan bertaubat dalam fenomena kehidupan

2.4 Membiasakan perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat

3 Menghindari perilaku tercela

3.1 Menjelaskan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi

3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya, dan diskriminasi

3.4 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perilaku riya, aniaya, dan diskriminasi

c. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ilmu kalam

1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi ilmu kalam

1.2 Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.

1.3 Menerapkan ilmu kalam dalam mempertahankan akidah

2. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.

2.1 Menjelaskan aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij, Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah, Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi pembebasan)

2.2 Menganalisis perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.

2.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.

2.4 Menghargai terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat

3. Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

3.2 Mengidentifikasi bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu dalam fenomena kehidupan

3.4 Membiasakan akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

4. Menghindari perilaku tercela

4.1 Menjelaskan pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

4.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

4.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

4.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)

d. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami tasawuf

1.1 Menjelaskan pengertian, asal usul, dan istilah-istilah dalam tasawuf

1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf dalam kehidupan modern

1.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku bertasawuf

1.4 Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern

4 Membiasakan perilaku terpuji

2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan

2.1 Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan

2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan

2.4 Membiasakan perilaku adil, rida, amal salih, persatuan, dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3 Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

3.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan

3.3 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

4 Menghindari perilaku tercela

4.1 Menjelaskan pengertian israaf, tabdziir, dan fitnah

4.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan israaf, tabdziir, dan fitnah

4.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan israaf, tabdziir, dan fitnah

4.4 Membiasakan diri untuk menghindari perilaku israaf, tabdziir, dan fitnah

3. Fikih

a. Kelas X, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam

1.1 Mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam

1.2 Menjelaskan tujuan (maqashid) syari’at Islam

1.3 Menunjukkan perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah

1.4 Menerapkan cara berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah.

2. Memahami hukum Islam tentang zakat dan hikmahnya

2.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya

2.2 Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang zakat

2.3 Menunjukkan contoh penerapan ketentuan zakat

2.4 Menerapkan cara pelaksanaan zakat sesuai ketentuan perundang-undangan

3. Memahami hukum Islam tentang haji dan hikmahnya

3.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang haji dan hikmahnya

3.2 Menjelaskan ketentuan perundang-undangan tentang haji

3.3 Menunjukkan contoh penerapan ketentuan haji

3.4 Mempraktikkan pelaksanaan haji sesuai ketentuan perundang-undangan tentang haji

4. Memahami hikmah kurban dan akikah

4.1 Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban dan hikmahnya

4.2 Menerapkan cara pelaksanaan kurban

4.3 Menjelaskan ketentuan akikah dan hikmahnya

4.4 Menerapkan cara pelaksanaan akikah

5. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah

5.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah

5.2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah


b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

6. Memahami hukum Islam tentang kepemilikan

6.1 Mengidentifikasi aturan Islam tentang kepemilikan

6.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang akad

6.3 Memperagakan aturan Islam tentang kepemilikan dan akad

7. Memahami konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya

7.1 Menjelaskan aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya

7.2 Menjelaskan aturan Islam tentang khiyaar

7.3 Menjelaskan aturan Islam tentang musaaqah, muzaara’ah dan mukhaabarah serta hikmahnya

7.4 Menjelaskan aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya

3.5 Menjelaskan aturan Islam tentang muraabahah, mudhaarabah, dan salam

3.6 Menerapkan cara jual beli, khiyaar, musaaqah, muzaara’ah, mukhaabarah, syirkah, muraabahah, mudhaarabah, dan salam

8. Memahami hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya

8.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakaf beserta hikmah pelaksanaannya

8.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang hibah dan hikmah pelaksanaannya

8.3 Menjelaskan ketentuan Islam tentang sadakah beserta hikmah pelaksanaannya

8.4 Menjelaskan ketentuan Islam tentang hadiah beserta hikmah pelaksanaannya

8.5 Menerapkan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah

9. Memahami hukum Islam tentang wakalah dan sulhu beserta hikmahnya

9.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang wakaalah dan hikmahnya

9.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang sulhu dan hikmahnya

9.3 Menerapkan cara wakaalah dan sulhu

10 Memahami hukum Islam tentang daman dan kafalah beserta hikmahnya

10.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang dlaman dan hikmahnya

10.2 Menjelaskan ketentuan Islam tentang kafaalah dan hikmahnya

10.3 Menerapkan cara dlaman dan kafalah

11 Memahami riba, bank, dan asuransi

11.1 Menjelaskan hukum riba, bank, dan asuransi

11.2 Menerapkan ketentuan Islam tentang riba, bank, dan asuransi

c. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan hikmahnya

1.1 Menjelaskan hukum pembunuhan dan hikmahnya

1.2 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang qishash dan hikmahnya

1.3 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat dan kafaarat beserta hikmahnya

1.4 Menunjukkan contoh-contoh qishash, diyaat dan kafaarat dalam hukum Islam

2. Memahami ketentuan Islam tentang Huudud dan hikmahnya

2.1 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang zina dan qadzaf beserta hikmahnya

2.2 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang minuman keras beserta hikmahnya

2.3 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang mencuri, menyamun dan merampok beserta hikmahnya

2.4 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang bughat beserta hikmahnya

3. Memahami ketentuan Islam tentang peradilan dan hikmahnya

3.1 Menjelaskan proses peradilan dalam Islam

3.2 Mengidentifikasi ketentuan tentang hakim dan saksi dalam peradilan Islam

d. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga

1.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam dan hikmahnya

1.2 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia

1.3 Menjelaskan konsep Islam tentang talak, perceraian, iddah, ruju`, dan hikmahnya

1.4 Menjelaskan ketentuan Islam tentang pengasuhan anak (hadhaanah)

2 Memahami hukum Islam tentang waris

2.1 Menjelaskan ketentuan hukum waris dalam Islam

2.2 Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat

2.3 Menunjukkan contoh cara pelaksanaan waris dan wasiat

e. Kelas XII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ketentuan Islam tentang siyasah syar’iyah

1.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilaafah)

1.2 Menjelaskan majelis syura dalam Islam

2. Memahami sumber hukum Islam

4.5 Menjelaskan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama

4.6 Menunjukkan penerapan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak disepakati ulama

4.7 Menjelaskan pengertian, fungsi, dan kedudukan ijtihad

f. Kelas XII, Semester 2

1. Memahami hukum- hukum syar’i

1.1 Menjelaskan hukum taklifi dan penerapannya dalam Islam

1.2 Menjelaskan hukum wadh’i dan penerapannya dalam Islam

1.3 Menjelaskan mahkum bihi (fihi)

1.4 Menjelaskan mahkum ’alaih

2. Memahami kaidah-

kaidah usul fikih

2.1 Menjelaskan macam-macam kaidah usul fikih

2.2 Menerapkan macam-macam kaidah usul fikih

4. Sejarah Kebudayaan Islam

a. Kelas XII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami keteladanan dakwah

Rasulullah dalam membina umat

1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah

1.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah

1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah

1.4 Mengambil ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.

2. Memahami masalah kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat

2.1 Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaaurraasyidiin

2.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin

2.3 Mengambil ibrah dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

3. Memahami perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M

3.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik

3.2 Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik

3.3 Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

3.4 Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada periode klasik

4. Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)

4.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan

4.2 Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad pertengahan

4.3 Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang

b. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)

Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern

Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern

Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern

Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern

2. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia

Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia

Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia

Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia

3. Memahami perkembangan Islam di dunia

Menjelaskan perkembangan Islam di dunia

Mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan Islam di dunia

Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia

3. Bahasa Arab

a. Kelas X, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat tentang التعارف dan الحياة العائلية

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang التعارف dan الحياة العائلية

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang التعارف dan

الحياة العائلية

2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang التعارف dan الحياة العائلية

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga

Keterangan

Tema-tema tersebut menggunakan bentuk kata النكرة والمعرفة dan struktur kalimat المبتدأ والخبر

b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hobi dan pekerjaan

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang hobi dan pekerjaan

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan

2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan

2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hobi dan pekerjaan

Membaca

3. Memahami wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

3.1 Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang hobi dan pekerjaan

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hobi dan pekerjaan

Keterangan

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود dan العطف

c. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang remaja dan kesehatan

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat tentang remaja dan kesehatan

2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang remaja dan kesehatan

2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang remaja dan kesehatan

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang remaja dan kesehatan

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja dan kesehatan

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang remaja dan kesehatan

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang remaja dan kesehatan

Keterangan

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat النعت والمنعوت dan الإضافة

d. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata

2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang fasilitas umum dan pariwisata

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang fasilitas umum dan pariwisata

Keterangan

Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat جملة فعلية

e.Kelas XII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

2.1. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

2.2. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

3.1. Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

3.2. Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

3.3. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

4.1. Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

4.2. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Keterangan

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع المنصوب dan الفعل المضارع المجزوم

f. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

Berbicara

2 Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami

Keterangan

Tema-tema menggunakan struktur kalimat

رفع الأسماء dan نصب الأسماء

6. Bahasa Arab (Program Bahasa)

a. Kelas XI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat

2.2 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat

2.3 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

b. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

1.2 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat

1.3 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat

2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis secara tepat dan benar

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar

3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

c. Kelas XII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Menyimak

1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan wisata

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran

(kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat

1.2 Menangkap makna dan gagasan atau

ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat

Berbicara

2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan wisata

2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat

2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan

lancar

Membaca

3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

3.1 Melafalkan dan membaca nyaring

kata, kalimat dan wacana tulis

dengan benar

3.3 Mengidentifikasi bentuk dan tema

wacana secara tepat dan benar

3.4 Menemukan makna dan gagasan

atau ide wacana tulis secara tepat

Menulis

4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, Ejaan, dan tanda baca yang tepat dan benar

4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

e. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Pekerjaan

1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan

dan membedakan secara tepat

1.2 Memperoleh informasi umum dan/atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat

Berbicara

2 Mengungkapkan informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan

2.1 Menyampaikan berbagai informasi lisan dengan lafal dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

Membaca

3 Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Pekerjaan

3.1 Membaca nyaring kata, frasa, dan kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat

3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.3 Memperoleh berbagai informasi umum dan/atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat

dengan mencari kata kunci, informasi umum atau rinci

Menulis

4 Mengungkapkan informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan

4.1 Menulis kata, frasa, dan kalimat dengan tepat

4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata atau frasa dalam kalimat dengan struktur dan tanda baca yang tepat

4.3 Mengungkapkan pendapat dan perasaan secara tertulis dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat

Catatan:

Ketiadaan rumusan “bentuk kata dan struktur kalimat” yang menyertai SK dan KD pada MA Program Bahasa disebabkan karena program ini berdasar atas “silabus situasi” (منهج المواقف), berbeda dengan MI, MTs, dan MA yang menganut model silabus gramatika (منهج القواعد).

E. Arah Pengembangan

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

0 komentar:

Poskan Komentar