Pages

Rabu, 02 Juni 2010

STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH

STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB

MADRASAH IBTIDAIYAH

A. LATAR BELAKANG

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah Pendidikan Agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (ushuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek Sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SD/MI, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.

B. TUJUAN

1. Al-Qur'an-Hadis

Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an dan hadis dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur'an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan. Hal ini sejalan dengan misi pendidikan dasar adalah untuk: (1) pengembangan potensi dan kapasitas belajar peserta didik, yang men­yangkut: rasa ingin tahu, percaya diri, keterampilan berkomunikasi dan kesadaran diri; (2) pengembangan kemampuan baca-tulis-hitung dan bernalar, keterampilan hidup, dasar-dasar keimanan dan ketakwaan terhadan Tuhan YME; serta (3) fondasi bagi pendidikan berikutnya. Di samping itu, juga mempertimbangkan perkembangan psikologis anak, bahwa tahap perkembangan intelektual anak usia 6-11 tahun adalah operasional konkret (Piaget). Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar juga merupakan masa social imitation (usia 6 - 9 tahun) atau masa mencontoh, sehingga diperlukan figur yang dapat memberi contoh dan teladan yang baik dari orang-orang sekitarnya (keluarga, guru, dan teman-teman sepermainan), usia 9 – 12 tahun sebagai masa second star of individualisation atau masa individualisasi, dan usia 12-15 tahun merupakan masa social adjustment atau penyesuaian diri secara sosial. Secara substansial mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencintai kitab sucinya, mempelajari dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur'an-hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk:

a. Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca al-Qur'an dan hadis;

b. Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an-hadis melalui keteladanan dan pembiasaan;

c. Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur'an dan hadis.

2. Fikih

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fikih ibadah, terutama menyangkut pengenalan dan pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta fikih muamalah yang menyangkut pengenalan dan pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam. Secara substansial mata pelajaran Fikih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.

Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:

a. Mengetahui dan memahami cara-cara pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.

b. Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.

3. Akidah-Akhlak

Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang rukun iman yang dikaitkan dengan pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma' al-husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab Islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan al-akhlakul karimah dan adab Islami dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta Qada dan Qadar.

Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan sejak dini oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat:

a. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

b. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam pada masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, sampai dengan masa Khulafaurrasyidin. Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

a. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

b. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan

c. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

5. Bahasa Arab

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun tulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.

Untuk itu, bahasa Arab di madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Adapun pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.

Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut:

a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).

b. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.

c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

C. RUANG LINGKUP

1. Al-Qur'an-Hadis

Ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:

a. Pengetahuan dasar membaca dan menulis al-Qur'an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid.

b. Hafalan surat-surat pendek dalam al-Qur'an dan pemahaman sederhana tentang arti dan makna kandungannya serta pengamalannya melalui keteladanan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

c. Pemahaman dan pengamalan melalui keteladanan dan pembiasaan mengenai hadis-hadis yang berkaitan dengan kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturahmi, takwa, menyayangi anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang munafik, dan amal salih.

2. Fikih

Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:

a. Fikih ibadah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman tentang cara pelaksanaan rukun Islam yang benar dan baik, seperti: tata cara taharah, salat, puasa, zakat, dan ibadah haji.

b. Fikih muamalah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

3. Akidah-Akhlak

Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah berisi pelajaran yang dapat mengarahkan kepada pencapaian kemampuan dasar peserta didik untuk dapat memahami rukun iman dengan sederhana serta pengamalan dan pembiasaan berakhlak Islami secara sederhana pula, untuk dapat dijadikan perilaku dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya.

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:

  1. Aspek akidah (keimanan) meliputi:.

1) Kalimat thayyibah sebagai materi pembiasaan, meliputi: Laa ilaaha illallaah, basmalah, alhamdulillaah, subhanallaah, Allaahu Akbar, ta’awwudz, maasya Allah, assalaamu’alaikum, salawat, tarji’, laa haula walaa quwwata illaa billah, dan istighfaar.

2) Al-asma’ al-husna sebagai materi pembiasaan, meliputi: al-Ahad, al-Khaliq, ar-Rahmaan, ar-Rahiim, as- Samai’, ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, asy-Syakuur, al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, al-‘Azhiim, al- Kariim, al-Kabiir, al-Malik, al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib, al-Wahhiab, al-’Aliim, azh-Zhaahir, ar-Rasyiid, al-Haadi, as-Salaam, al-Mu’min, al-Latiif, al-Baaqi, al-Bashiir, al-Muhyi, al-Mumiit, al-Qawii, al-Hakiim, al-Jabbaar, al-Mushawwir, al-Qadiir, al-Ghafuur, al-Afuww, ash-Shabuur, dan al-Haliim.

3) Iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat thayyibah, al-asma’ al-husna dan pengenalan terhadap salat lima waktu sebagai manifestasi iman kepada Allah.

4) Meyakini rukun iman (iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul dan Hari akhir serta Qada dan Qadar Allah)

  1. Aspek akhlak meliputi:

a. Pembiasaan akhlak karimah (mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: disiplin, hidup bersih, ramah, sopan-santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang, taat, rukun, tolong-menolong, hormat dan patuh, sidik, amanah, tablig, fathanah, tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.

b. Mengindari akhlak tercela (madzmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik, dan murtad.

  1. Aspek adab Islami, meliputi:

1) Adab terhadap diri sendiri, yaitu: adab mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah, berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain.

2) Adab terhadap Allah, yaitu: adab di masjid, mengaji, dan beribadah.

3) Adab kepada sesama, yaitu: kepada orang tua, saudara, guru, teman, dan tetangga

4) Adab terhadap lingkungan, yaitu: kepada binatang dan tumbuhan, di tempat umum, dan di jalan.

  1. Aspek kisah teladan, meliputi: Kisah Nabi Ibrahim mencari Tuhan, Nabi Sulaiman dengan tentara semut, masa kecil Nabi Muhammad SAW, masa remaja Nabi Muhammad SAW, Nabi Ismail, Kan’an, kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS, Tsa’labah, Masithah, Ulul Azmi, Abu Lahab, Qarun, Nabi Sulaiman dan umatnya, Ashabul Kahfi, Nabi Yunus dan Nabi Ayub. Materi kisah-kisah teladan ini disajikan sebagai penguat terhadap isi materi, yaitu akidah dan akhlak, sehingga tidak ditampilkan dalam Standar Kompetensi, tetapi ditampilkan dalam kompetensi dasar dan indikator.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah meliputi :

1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW.

2. Dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya, yang meliputi kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad SAW, hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif, peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

3. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad SAW, peristiwa Fathu Makkah, dan peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW.

4. Peristiwa-peristiwa pada masa khulafaurrasyidin.

5. Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

5. Bahasa Arab

Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah meliputi tema-tema tentang perkenalan, peralatan madrasah, pekerjaan, alamat, keluarga, anggota badan, di rumah, di kebun, di madrasah, di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, kegiatan sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.

D. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

1. Al-Qur'an-Hadis

Kelas I, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

1.1 Melafalkan, surat al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlaas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

1.2 Menghafalkan, surat al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq, al-Ikhlaas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih

Kelas I, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya

2.1 Mengidentifikasi huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya

2.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai

makhrajnya

3. Menghafal surat-surat pendek

3.1 Melafalkan surat al-Nashr, al-Quraisy

3.2 Menghafalkan al-Nashr, al-Quraisy

4. Memahami hadis tentang kebersihan secara sederhana

4.1 Menerjemahkan hadis tentang kebersihan

secara sederhana

4.2 Menghafalkan hadis tentang kebersihan

4.3 Menunjukkan perilaku bersih di

lingkungannya

Kelas II, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menulis huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung

1.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dengan benar

1.2 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar

2 Memahami kaidah ilmu tajwid

2.1 Menerapkan tanda baca wakaf dan wasal

3 Menghafal surat pendek

3.1 Melafalkan surat al-Kausar secara benar dan fasih

3.2 Menghafalkan surat al-Kausar secara benar dan fasih


Kelas II, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

4.1 Melafalkan surat al-Kaafirun, al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr, dan surat al-Qadr secara benar dan fasih

4.2 Menghafalkan surat al-Kaafirun, al-Maa’un, al-Fiil, al-‘Ashr, dan surat al-Qadr secara benar dan fasih

5. Memahami hadis tentang hormat kepada kedua orang tua

5.1 Menerjemahkan hadis tentang hormat kepada orang tua secara sederhana

5.2 Menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua

Kelas III, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

1.1 Membaca surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih

1.2 Menghafalkan surat al-Humazah, at-Takaatsur, dan al-Zalzalah secara benar dan fasih

2. Memahami kaidah ilmu tajwid

2.1 Memahami bacaan ghunnah,

Al-Qamariyah” dan Al-Syamsiyah

2.2 Menerapkan bacaan ghunnah,

Al-Qamariyah” dan Al-Syamsiyah

3. Membaca hadis tentang salat berjamaah

3.1 Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah

3.2 Menerapkan perilaku salat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari

Kelas III, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

4.1 Membaca surat al-Qaari’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih

4.2 Menghafalkan surat al-Qaari’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih

5. Memahami arti surat-surat pendek

5.1 Mengartikan surat al-Faatihah dan surat al-Ikhlaas

5.2 Menerapkan kandungan surat al-Faatihah dan al- Ikhlas

6. Memahami kaidah ilmu tajwid

6.1 Mengenal bacaan Mad Thabi’i, Mad Waajib Muttasil, dan Mad Jaa’iz Munfasil

6.2 Menerapkan bacaan Mad Thabi’i, Mad Waajib Muttasil dan Mad Jaa’iz Munfasil

7. Memahami hadis tentang persaudaraan secara benar dan fasih

7.1 Menghafalkan hadis tentang persaudaraan

7.2 Menerapkan perilaku persaudaraan dengan

sesama

Kelas IV, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

1.1 Membaca surat al-‘Adiyat dan surat al-Insyiraah secara benar dan fasih

1.2. Menghafalkan surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih

2. Memahami arti surat-surat pendek

2.1 Mengartikan surat an-Nashr dan surat al-Kautsar

2.2. Memahami isi kandungan surat an-Nashr dan al-Kautsar secara sederhana

3. Memahami kaidah ilmu tajwid

3.1 Memahami hukum bacaan idhar dan ikhfa’

3.2 Menerapkan hukum bacaan idhar dan ikhfa’

Kelas IV, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami arti surat pendek dan hadis tentang niat dan silaturahmi

4.1 Mengartikan surat al-Lahab

4.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara sederhana

4.3 Menerjemahkan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi

4.4 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana

5. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid

5.1 Memahami hukum bacaan idgham

bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab

5.3 Menerapkan hukum bacaan idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, dan iqlab

Kelas V, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami arti surat pendek

1.1 Menerjemahkan surat al-Kaafirun , surat al-Maa’un, dan surat at-Takaatsur

1.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Kaafirun,surat al-Maa’un,dan surat at-Takaatsur secara sedarhana

2. Memahami arti hadis tentang menyayangi anak yatim

2.1 Menerjemahkan hadis tentang menyayangi anak yatim

2.3 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang menyayangi anak yatim secara sedarhana

Kelas V, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar dan fasih

3.1 Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih

3.2 Menghafal surat al-‘Alaq secara benar dan fasih

4. Memahami arti surat pendek

4.1 Menerjemahkan surat al-Qadr

4.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Qadr tentang malam Lailatul Qadr secara sederhana

5. Memahami arti hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik

5.1 Menerjemahkan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik

5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang takwa dan ciri-ciri orang munafik secara sederhana

Kelas VI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menghafal surat pendek secara benar dan fasih

1.1 Membaca surat ad-Dhuhaa secara benar dan fasih

1.2 Menghafal surat ad-Dhuhaa secara benar dan fasih

2. Memahami arti surat pendek pilihan

2.1 Menerjemahkan surat ad-Dhuhaa

2.2 Menjelaskan isi kandungan surat ad-Dhuhaa tentang meyakini kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia dengan sederhana

3. Memahami hadis tentang keutamaan memberi

3.1 Menerjemahkan hadis tentang keutamaan memberi

3.2 Menjelaskan hadis tentang keutamaan memberi secara sederhana

Kelas VI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Menghafalkan surat pendek secara benar dan fasih

4.1 Membaca surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih

4.2 Menghafal surat al-Bayyinah dengan baik dan fasih

5. Memahami arti arti hadis tentang amal salih

5.1 Menerjemahkan hadis tentang amal salih

5.2 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang amal salih secara sederhana

5.3 Menerapkan isi kandungan hadis tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan sesama

2. Fikih

Kelas I, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal lima rukun Islam

1.1 Menyebutkan lima rukun Islam

1.2 Menghafalkan syahadatain dan artinya

2. Mengenal tata cara bersuci dari najis

2.1 Menjelaskan pengertian bersuci dari najis

2.2 Menjelaskan tata cara bersuci dari najis

2.3 Menirukan tata cara menyucikan najis.

2.4 Membiasakan hidup suci dan bersih

dalam kehidupan sehari-hari

Kelas I, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Mengenal tata cara wudu

3.1 Menjelaskan tata cara wudu

3.2 Mempraktikkan tata cara wudu

3.3 Menghafal doa sesudah wudu

4. Mengenal tata cara salat fardu

4.1 Menyebutkan macam-macam salat Fardu

4.2 Menirukan gerakan salat fardu

4.3 Menghafal bacaan salat fardu

Kelas II, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mempraktikkan salat fardu

1.1 Menyebutkan ketentuan tata cara salat fardu

1.2 Mempraktikkan keserasian gerakan dan

bacaan salat fardu

2. Mengenal azan dan iqamah

2.1 Menyebutkan ketentuan azan dan iqamah

2.2 Melafalkan azan dan iqamah

2.3 Mempraktikkan azan dan iqamah

Kelas II, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Mengenal tata cara salat berjamaah

3.1 Menjelaskan ketentuan tata cara salat berjamaah

3.2 Menirukan salat berjamaah

4. Melakukan zikir dan doa

4.1 Melafalkan zikir setelah salat fardu

4.2 Melafalkan doa setelah salat fardu

Kelas III, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal salat sunah rawatib

1.1 Menjelaskan ketentuan salat sunah rawatib

1.2 Mempratikkan tata cara salat rawatib

2. Mengenal salat Jumat

2.1 Mengenal ketentuan salat Jumat

2.2 Membiasakan mengikuti salat Jumat

3. Mengenal tata cara salat bagi orang yang sakit

3.1 Menjelaskan tata cara salat bagi orang

yang sakit

3.2 Mendemonstrasikan cara salat dalam keadaan sakit

Kelas III, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal puasa Ramadan

1.1 Menjelaskan ketentuan puasa Ramadan

1.2 Menyebutkan hikmah puasa Ramadan

2. Mengenal amalan-amalan di

bulan Ramadan

2.1 Menjelaskan ketentuan salat tarawih

2.2 Menjelaskan ketentuan salat witir

2.3 Menjelaskan keutamaan-keutamaan yang ada dalam bulan Ramadan

Kelas IV, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengetahui ketentuan zakat

1.1 Menjelaskan macam-macam zakat

1.2 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah

1.3 Mempraktekkan tata cara zakat fitrah

2. Mengenal ketentuan infak dan sedekah

2.1 Menjelaskan ketentuan infak dan sedekah

2.2 Mempraktikkan tata cara infak dan sedekah

Kelas IV, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Mengenal ketentuan salat Id

3.1 Menjelaskan macam-macam salat Id

3.2 Menjelaskan ketentuan salat Id

3.3 Mendemonstrasikan tata cara salat Id

Kelas V, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal ketentuan makanan dan

minuman yang halal dan haram.

1.1 Menjelaskan ketentuan makanan dan minuman yang halal dan haram

1.2 Menjelaskan binatang yang halal dan haram dagingnya

1.3 Menjelaskan manfaat makanan dan minuman halal

1.4 Menjelaskan akibat makanan dan minuman haram

Kelas V, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Mengenal ketentuan kurban

2.1 Menjelaskan ketentuan kurban

2.2 Mendemonstrasikan tata cara kurban

3. Mengenal tata cara ibadah haji

3.1 Menjelaskan tata cara haji

3.2 Mendemonstrasikan tata cara haji

Kelas VI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal tata cara mandi

wajib

1.1 Menjelaskan ketentuan mandi wajib setelah haid

2. Mengenal ketentuan khitan

2.1 Menjelaskan ketentuan khitan

2.2 Menjelaskan hikmah khitan

Kelas VI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Mengenal ketentuan jual beli dan pinjam meminjam.

3.1 Menjelaskan tata cara jual beli dan pinjam meminjam

3.2 Mempraktikkan tata cara jual beli dan pinjam meminjam

3. Akidah-Akhlak

Kelas I, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal rukun iman, syahadat tauhid dan syahadat rasul, al-asma’ al-husna (al-Ahad dan al- Khaliq)

1.1 Menghafal enam rukun iman

1.2 Menghafal dua kalimat syahadat

1.3 Mengartikan dua kalimat syahadat

1.4 Mengenal sifat-sifat Allah (al-Ahad dan al-Khaliq) melalui kisah Nabi Ibrahim AS mencari Tuhannya

2. Membiasakan akhlak terpuji

2.1 Membiasakan berakhlak terpuji: hidup bersih, kasih sayang, dan rukun dalam kehidupan sehari-hari.

2.2 Adab mandi dan berpakaian

3. Menghindari akhlak tercela.

3.1 Membiasakan diri untuk menghindari akhlak tercela: hidup kotor, bohong/dusta, dan berbicara kotor dalam kehidupan sehari-hari.

Kelas I, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami kalimat thayyibah (basmalah) dan al-asma’ al-husna (ar- Rahman, ar-Rahiim dan as- Sami’)

4.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (basmalah)

4.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’al husna (ar-Rahman, ar-Rahiim dan as-Sami’)

5. Membiasakan akhlak terpuji

5.1 Membiasakan adab belajar dan bermain

5.2 Membiasakan adab makan dan minum

6. Menghindari akhlak tercela

6.1 Membiasakan diri untuk menghindari berbicara jorok/kotor dan bohong dalam kehidupan sehari-hari

Kelas II, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami kalimat thayyibah (hamdalah), dan al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, dan asy-Syakuur)

1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (hamdalah)

1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (ar-Razzaaq, al-Mughnii, al-Hamiid, dan asy-Syakuur)

1.3 Mengenal Allah melalui pengenalan terhadap salat lima waktu

2. Membiasakan akhlak terpuji

2.1 Membiasakan bersikap syukur nikmat, hidup sederhana, dan rendah hati dalam kehidupan sehari-hari

2.2 Membiasakan berakhlak baik ketika berpakaian, makan-minum, dan bersin dalam kehidupan sehari-hari

3. Menghindari akhlak tercela

3.1 Menghindari sifat sombong melalui kisah masa kecil Nabi Muhammad SAW

Kelas II, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Memahami kalimat thayyibah (tasbiih) dan al-asma’ al-husna (al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, dan al Badii’).

4.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tasbiih)

4.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qudduus, ash-Shamad, al-Muhaimin, dan al Badii’)

5. Membiasakan akhlak terpuji

5.1 Membiasakan bersifat jujur, rajin, dan percaya diri

5.2 Membiasakan berakhlak baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari

6. Menghindari akhlak tercela

6.1 Menghindari sifat malas melalui kisah masa remaja Nabi Muhammad SAW

Kelas III, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami kalimat thayyibah (Subhaanallaah, Maasyaallah), al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan al-Kariim)

1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Subhanallaah, Maasyaallah)

1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mushawwir, al-Haliim, dan al-Kariim)

2. Beriman kepada malaikat-malaikat Allah

2.1 Mengenal malaikat-malaikat Allah

3. Membiasakan akhlak terpuji

3.1 Membiasakan sifat rendah hati, santun, ikhlas, dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari

3.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap kedua orang tua dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ismail

4. Menghindari akhlak tercela

4.1 Menghindari sikap bodoh, pemarah, kikir, dan boros

Kelas III, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Memahami kalimat thayyibah (ta’awudz), al-asma’ al-husna (al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib dan al-Wahhaab)

5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (ta’awudz)

5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Baathin, al-Walii, al-Mujiib, dan al-Wahhaab)

6. Beriman kepada makhluk gaib selain Malaikat.

6.1. Mengenal makhluk gaib selain Malaikat (jin dan setan)

7. Membiasakan akhlak terpuji

7.1 Membiasakan sikap rukun dan tolong-menolong

7.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap saudara dalam kehidupan sehari-hari

8. Menghindari akhlak tercela

8.1 Menghindari sifat khianat, iri, dan dengki melalui

kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf AS

Kelas IV, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun) dan al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)

1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (inna lillaahi wa innaa ilaihi rajiuun)

1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Mukmin, al-Azhim, al- Haadii, al-Adlu, dan al-Hakam)

2. Beriman kepada kitab-kitab Allah

2.1 Mengenal kitab-kitab Allah

3. Membiasakan akhlak terpuji

3.1 Membiasakan sikap hormat dan patuh dalam kehidupan sehari-hari

3.2 Membiasakan sikap tabah dan sabar dalam

menghadapi cobaan melelui kisah Mashithah

4. Menghindari akhlak tercela

4.1 Menghindari akhlak tercela melalui kisah Tsa’labah

Kelas IV, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Memahami kalimat thayyibah (assalaamu’alaikum) dan al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)

5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (assalaamu’alaikum)

5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-Asma’ al-husna (as- Salaam, al-Mukmin, dan al- Latiif)

6. Beriman kepada Rasul-Rasul Allah

6.1 Mengenal Rasul dan Nabi Allah

7. Membiasakan akhlak terpuji

7.1 Membiasakan akhlak sidik, amanah, tablig, fatanah dalam kehidupan sehari-hari

7.2 Membiasakan akhlak terpuji terhadap teman dalam kehidupan sehari-hari

7.3 Mencintai dan meneladani akhlak mulia lima Rasul Ulul Azmi

8. Menghindari akhlak tercela

8.1 Menghindari sifat munafik dalam kehidupan sehari-hari

Kelas V, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami kalimat thayyibah (Alhamdulillaah dan Allahu Akbar), al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)

1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (Alhamdulillaah dan Allahu Akbar)

1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Wahhaab, ar-Rozzaaq, al-Fattaah, asy-Syakuur, dan al-Mughni)

2. Beriman kepada hari akhir (kiamat)

2.1 Mengenal adanya hari akhir (kiamat)

3. Membiasakan akhlak terpuji

3.1 Membiasakan sikap optimis, qanaah, dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari

3.2 Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum

4. Menghindari akhlak tercela

4.1 Menghindari sifat pesimis, bergantung, serakah, dan putus asa dalam kehidupan sehari-hari

Kelas V, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Memahami kalimat thayyibah (tarji’) dan

al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit)

5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (tarji’)

5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Muhyii, al-Mumiit dan al-Baaqii)

6. Membiasakan akhlak terpuji

6.1 Membiasakan sikap teguh pendirian dan dermawan dalam kehidupan sehari-hari

6.2 Membiasakan akhlak yang baik dalam hidup bertetangga dan bermasyarakat

7. Menghindari akhlak tercela

7.1 Membiasakan diri untuk menghindari sifat

kikir dan serakah melalui kisah Qarun

Kelas VI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal kalimat thayyibah (astaghfirullaahal‘aziim) dan al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)

1.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (astaghfirullaahal‘aziim)

1.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Qawwiy, al-Hakim, al-Mushawwir dan al-Qadir)

2. Beriman kepada takdir Allah

2.1 Mengenal adanya Qada dan Qadar Allah (takdir)

3. Membiasakan akhlak terpuji

3.1 Membiasakan sifat tanggung jawab, adil dan bijaksana dalam kehidupan sehari-hari

4. Menghindari akhlak tercela

4.1 Membiasakan diri untuk menghindari sifat marah, fasik, murtad

Kelas VI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Mengenal kalimat thayyibah (taubat), dan al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, ash- Shabuur dan al-Haliim)

5.1 Mengenal Allah melalui kalimat thayyibah (taubat)

5.2 Mengenal Allah melalui sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asma’ al-husna (al-Ghafuur, al-Afuwwu, ash- Shabuur dan al-Haliim)

6. Membiasakan akhlak terpuji

6.1 Membiasakan sifat sabar dan taubat dalam kehidupan sehari-hari melalui kisah Nabi Ayub AS dan kisah Nabi Adam AS

6.2 Membiasakan berakhlak baik terhadap binatang dan tumbuhan dalam hidup sehari-hari.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Kelas III, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal sejarah masyarakat Arab pra- Islam

1.1 Menceritakan kondisi alam, sosial, dan perekonomian masyarakat Arab pra-Islam

1.2 Menjelaskan keadaan adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat Arab pra-Islam

1.3 Menjelaskan masa remaja atau masa muda Nabi Muhammad SAW

1.4 Mengambil ibrah dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam

Kelas III, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Mengenal sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW

2.1 Menceritakan kejadian luar biasa yang mengiringi lahirnya Nabi Muhammad SAW

2.2 Menceritakan sejarah kelahiran dan silsilah Nabi Muhammad SAW

2.3 Mengambil ibrah dari kenabian dan kerasulan Muhammad SAW

3. Mengenal peristiwa kerasulan Muhammad SAW

3.1. Mendeskripsikan peristiwa kerasulan Muhammad SAW

3.2 Mengambil ibrah peristiwa kerasulan Muhammad SAW

Kelas IV, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal dakwah Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya

1.1 Menjelaskan dakwah Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya

1.2 Menunjukkan contoh ketabahan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam berdakwah

1.3 Meneladani ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dalam berdakwah

2. Mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW

2.1 Mengidentifikasi ciri-ciri kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam

2.2 Menunjukkan contoh perilaku yang meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam

2.3 Meneladani kepribadian Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi seluruh alam

Kelas IV, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Memahami hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah

3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Thaif dan Habsyah

3.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Thaif dan Habsyah

3.3 Meneladani kesabaran Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa hijrah ke Thaif dan Habsyah

4. Memahami peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

4.1 Mendeskripsikan peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW

4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Kelas V, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

1.2 Menceritakan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

1.3 Mengambil hikmah dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yatsrib

2. Memahami keperwiraan Nabi Muhammad SAW

2.1 Mendeskripsikan upaya yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah (sosial, ekonomi, agama, dan pertahanan)

2.2 Meneladani keperwiraan Nabi Muhammad SAW dalam membina masyarakat Madinah

Kelas V, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

3. Mengenal peristiwa Fathu Makkah

3.1 Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya Fathu Makkah

3.2 Menceritakan kronologi peristiwa Fathu Makkah

3.3 Mengambil ibrah dari peristiwa Fathu Makkah

4. Mengidentifikasi peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW

4.1 Menceritakan peristiwa-peristiwa di akhir hayat Rasulullah SAW

4.2 Mengambil hikmah dari peristiwa akhir hayat Rasulullah SAW

Kelas VI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Mengenal sejarah khalifah

Abu Bakar as-Shiddiq

1.1 Menjelaskan arti dan tugas khulafaurrasyidin

1.2 Menceritakan silsilah, kepribadian Abu

Bakar as-Shiddiq dan perjuangannya dalam dakwah Islam

1.3 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Abu Bakar as-Shiddiq

1.4 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Abu Bakar As Siddiq

2. Mengenal sejarah khalifah

Umar bin Khattab

2.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Umar bin Khattab dan perjuangannya dalam dakwah Islam

2.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Umar bin Khattab.

2.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Umar bin Khattab

3. Mengenal sejarah khalifah Utsman bin Affan

3.1 Menceritakan silsilah, kepribadian Utsman bin Affan dan perjuangannya dalam dakwah Islam

3.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari khalifah Utsman bin Affan

3.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Utsman bin Affan

Kelas VI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

4. Mengenal sejarah khalifah Ali bin Abi Thalib

4.1 Menceritakan silsilah, kepribadian, dan perjuangan khalifah Ali bin Abi Thalib

4.2 Menunjukkan contoh-contoh nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

4.3 Meneladani nilai-nilai positif dari kekhalifahan Ali bin Abi Thalib

5. Mengenal sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing.

5.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh agama Islam di daerah masing-masing

5.2 Menceritakan sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing

5.3 Meneladani perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing

5. Bahasa Arab

Kelas IV, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi

1.1

Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang

التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة

1.2

Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang

التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة

2. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi

2.1

Melakukan dialog sederhana tentang

التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة

2.2

Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang

التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi

3.1

Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang

التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة

3.2

Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang

التعارف، الأدوات المدرسية، المهنة

4. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang perkenalan, alat-alat madrasah, dan profesi

4.1

Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang

المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف

Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi

اسم إشارة + اسم مفرد/علم

dan

ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي)

+ اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم

Kelas IV, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga

5.1

Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

5.2

Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

6. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga

6.1

Melakukan dialog sederhana tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

6.2

Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

7. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga

7.1

Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

7.2

Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

8. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang alamat, keluarga, dan kehidupan keluarga

8.1

Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang

العنوان، الأسرة، الحياة العائلية

Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi

الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث

Kelas V, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun.

1.1

Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

1.2

Memahami makna kata informasi tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

2. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun.

2.1

Melakukan dialog sederhana tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

2.2

Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah dan kebun.

3.1

Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

3.2

Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

4. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang lingkungan rumah dan kebun.

4.1

Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang

في البيت، في الحديقة + الألوان

Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi

هذا/هذه + ال + اسم + اسم صفة

Kelas V, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah, perpustakaan, dan kantin.

5.1

Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

5.2

Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

6. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin.

6.1

Melakukan dialog sederhana tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

6.2

Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

7. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin.

7.1

Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

7.2

Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

8. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang lingkungan madrasah perpustakaan, dan kantin.

8.1

Menyusun kata menjadi kalimat sempurna, membuat karangan sederhana tentang

في المدرسة، في المكتبة، في المقصف

Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi

مبتدأ + خبر + ظرف أو جار ومجرور

أو خبر مقدّم + مبتدأ مؤخّر+ نعت

Kelas VI, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari

1.1

Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang

الأعمال اليومية، الساعة

1.2

Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang

الأعمال اليومية، الساعة

2. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan sehari-hari

2.1

Melakukan dialog sederhana tentang

الأعمال اليومية، الساعة

2.2

Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang

الأعمال اليومية، الساعة

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang kegiatan sehari-hari

3.1

Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang

الأعمال اليومية، الساعة

3.2

Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang

الأعمال اليومية، الساعة

4. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang tentang kegiatan sehari-hari

4.1

Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang

الأعمال اليومية، الساعة

Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi

فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به

Kelas VI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

5. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan

5.1

Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

5.2

Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

6. Berbicara

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan

6.1

Melakukan dialog sederhana tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

6.2

Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

7. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan

7.1

Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

7.2

Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

8. Menulis

Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana tentang kegiatan yang telah dilakukan

8.1

Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang

الرحلة، الواجب المنـزليّ

Tema-tema tersebut menggunakan pola kalimat yang meliputi

فعل ماض + فاعل + مفعول به

E. ARAH PENGEMBANGAN

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

0 komentar:

Posting Komentar