Pages

Rabu, 02 Juni 2010

TAFSIR TENTANG IBADAH

SURAT YUNUS AYAT 104

SURAT YAASIIN 60-61

SURAT HUD 25-26

SURAT HUD 25-26

SURAT AZ-ZUMAAR 11-16

AYAT-AYAT TENTANG IBADAH

SURAT YUNUS AYAT 104

Katakanlah; Wahai manusia!jika adalah kamu dalam keraguan dari hal agamaku .maka tidaklah aku menyembah apa yang kamu sembah selain dari Alloh.tetapi aku menyembah Alloh yang akan mematikan kamu.

Akidah tidak sekali-sekali akan dipaksakan kepada manusia ,dan diterangkan pula betapa pentingnya mempergunakan akal untuk melihat alam sekeliling,dan diterangkan lagi bahwasanya rosul dan orang-orang beriman pasti menang ,dan jiwa kotor pasti kalah ,dan pertolongan Alloh pasti atas orang-orang beriman.

Katakanlah; Wahai manusia!jika adalah kamu dalam keraguan dari hal agamaku,Artinya jika kamu masih ragu tentang inti dan pokok ajaran agamaku ini,atau kamu masih menyangka bahwa aku masih bisa bertolak angsur tentang pendirian ini,atau kamu masih berharap bahwa satu waktu aku bisa mundur dari kepercayaan yang aku tegakan maka lebih baik aku kataklan kepada kamu terus terang bahwa pengharapan kamu itu akan hampa. maka tidaklah aku menyembah apa yang kamu sembah selain dari Alloh.selangkah pun aku tidak mau mundur dari pendirian bahwa selain dari Alloh tidak akan aku sembah ,baik batu atau kayu,baik berhala atau patung baik malaikat atau manusia baik bintang atau bulan maupun matahari. tetapi aku menyembah Alloh yang akan mematikan kamu,janganlah kmau ragu lagi dan janganlah kamu berharap bahwa aku sksn berkisar dari pegangan yang satu itu,berbagai dalioh telah kamu tegakan untuk mempertahankan pendirian kamu untuk menyembah yang lain.sedang aku hanya tetap menyembah Alloh .yaitu Alloh yang mematikan kamu,dan yang lain itu yang kamu sembah tidak berkuasa sedikitpun pada penghidupan danmematikan.Alloh aka mematikankamu itulah yang selalu akan kau sembah.,dan kepadanya aku beribadat. dan aku diperintahkan bahwa hendaklah aku berada dalam golongan orang-orang beriman,dengan ujung kata bahwa Beliau diperintahkan supaya berada dalam golongan orang yang beriman,yangpercaya kepada kekuaaaan Alloh yang tunggal itu,lebih jelaslah maksud suku Ayat yang sebelumnya,seketika Rosululloh disuruh mengatakan bahwa Alloh itulah yan gkan mematikan mereka yang musyrik itu.berarti bahwa selkalian makhlu akan dimatikan oleh Alloh.sesudah mati akan dibangkitkan kembali dan dihsab,dihitung dan dipertimbangkan segala amal ibadat mereka semasa hidup.yang akan selamat hanyalah oaring-orang yang benar –benar beriman kepada Alloh.dan yidak mempersekutukanya yang lain dengan Alloh.dan dengan Ayat inipun tersimpulah suatu Nadziir,yakni peringatan keras,bahwasannya seluruh manusia akan mati,akan bertenu dengan Alloh buat mmpertanggung jawabkan amalnya.dan yang akan selamat hanyalah orang-orang yang beriman.

SURAT YAASIIN 60-61

Bukankah aku telah wasiatkan kepada kamu wahai putra putrid adam bahawa jangan menyembah syetan?Sesungguhya setan adalah musuh nyata bagi kamu dan bahwa sembahhlah aku ,inilah jalan lebar yang lurus.

Begitu datang perintah pemisahan dari Alloh,segera pula para penghuni neraka itu tersinkir dengan hina dan penuh penyesalan .lalu sekali lagi Alloh mengancam mereka dengan menyatakan , Bukankah aku telah wasiatkan kepada kamu melali Rosul-rosul yang Ku-utus ,dan dengan anugrah akal serta hati dan fitrah yang Ku-lengkapi dengan setiap orang diantara kamu Wahai putra putrid adam bahawa jangan kamu semua menyembah syetan yakni mengikuti rayuannya sehinggga memperbudak kamu Sesungguhya setan adalah musuh abadi yang nyata permusuhanya bagi kamu dan bukan jugakah aku telah berpesan bahwa sembahhlah aku dengan tulus tanpa pamrih dan tanpa mempersekutukan Aku dengan siapapun? Inilah yakni beribadah kepada-Ku semata-mata adalah jalan lebar yang lurus.

Ayat diatas merupakan kecaman kepada kaum musyrikin dan para pendurhaka ,tetapi mereka di seru dengan putra putrid adam .hal ini disamping untuk menyatakan bahwa pesan itu telah ditunjukan sejak dini sejak Nabi Adam as,dan kesemnua putra putrinya dari yang pertama dan yang terakhir,juga untuk mengingatkan semua pihak bahwa permusuhan itu telah mengakar jauh,sehingga tidak mungkin akan sirna dan berkurang.

SURAT HUD 25-26

Dan sesungguhnya telah Kami utus Nuh kepada kaumnya”sesungguhnya aku adalah pemberi ancaman yang nyata”

Bahwa janganlah kamu menyembah kecuali pada Alloh .sesungguhnya Aku takut keatas kamu akan jatuh azab hari yang pedih.

Asal pokok turun ayat-ayat dan surat –surat ini adalah menghadapi kaum musyrikin di makkah atau ahlul kitab ditanah arab.tetapi Al-qur’an adalah pedoman hidup untuk masa-masa selanjutnya ,sampai hari kiamat atau sampai selama dunia ini masih didiami manusia.sebab meskipun sudah jelas pokok ajaran itu ,namun manusia dengan sadar ataupun tidak sadar bisa saja terbelok kedalam syirik ,mempersekutukan tuhan dengan yang lain.didalam segala masa sejak dahulu sampai sekarang,masih saja ada manusia yang menentang jika dibawa kejalan yang benar ,sehingga jika kita perhatikan sejarah perjuangan Rosul-rosul dengan kaumnbya itu,didalam Al-qr’an kita mendapati sikap-sikap yang sama dari musyrikin jaman dahulu sampai musyrikib jaman sekarang.

Dan sesungguhnya telah Kami utus Nuh kepada kaumnya.Berpedoman kepada surat 42 Asyuro ayat 13 ,dapatlah diambil kesimpulan bahwasannya Nabi Nuh as adalh Nabi yang pertama membawa syariat .adapun yang diatasnya ,yaitu Nabi Adam dan Nabi Idris atua Nabi Syits meskipun telah menerima wahyu tetapi belum ditugaskan menyampaikan Peraturan?syariat yang wajib dijalankan oleh manusia.Maka disuruhlah Nabi Nnuh menyampaikan kepada kaumnya itu bahwa:”sesungguhnya aku adalah pemberi ancaman yang nyata”

Diujunng ayt ini sudah dapat kita melihat bahwasannya kaum Nabi Nuh itu adalah kaum yang telah sangat menbyeleweng daripada jalan tuhan yang benar.itulah sebabnya maka sifat kerosulan nabi Nuh yang ditonjolkan dalam ayani ini bersifat nazir,pemberi eringatan yang bersifat ancaman.lalu dilebih jelaskan lagi ancaman itu,yaitu ancaman yang nyata,yang jelas,yang tidak berbelok-belok,bahkan tegas mengenai sasaran.bahwasannya kalau kedurhakaan ini diteruskan juga mereka tidak akan dapat mengelakan diri dari pada azab dan siksa Alloh.dan ini dapat kita lihat dengan tegas didalam surat 71,surat yang bernama Nuh,ayat 23.dalam surat itu disebutkan dengan byata nama-nama berhala yang mereka sembah dan puja.

Yaitu berhala-berhala yang bernama Waddan,Sua’a ,Yaghuts,Ya’uq dan nasran.dalam surat Nuh iipula diterangkan betapa hebatnya perjuangan Nabi Nuh dalam umur yang mencapai sangat lanjut,yaitu mencapai 950 tahun .(lihat surat 29,Al-Ankabut ayat 14).beliau berjuang siang malam,secara berbisik,namun kaum itu bertambah di ajak,bertambah menjauh ,bahkan mereka sumbatkan jari tangan mereka kedalam telinga mereka ,untuk mengelakan jangan sampai mendengaran seruan itu.

Bahwa janganlah kamu menyembah kecuali pada Alloh. Hanya Alloh sajalah ,Yang Maha Esa yang berdiri sendirinbya yang patut disembah,yang lainya tidak ada.karena yang lain itu hanyalah makhluk Alloh belaka.sebagai ditafsirkan oleh At-tabrani: “ Janganlah sembah selain Alloh ,hai manusia baik berhala atau patung Janganlah dipersekutukan dalam memuja Alloh bahkan tunggalkanlah hadapmnu kepadaNya ,dan ikhlaslah,karena tidak ada yang lain yang jadi sekutu dari Alloh.”

sesungguhnya Aku takut keatas kamu akan jatuh azab hari yang pedih.mempersekutukan Alloh dengan yang lainnya adalah dosa paling besar .menyamakan berhala-berhala yang diberi berbagai nama itu dengan Alloh adalah suatu pertbuatan yang tidak bisa dimaaafkan.maka sebagai Orang yang telah diberi wahyu oleh tuhan,Karen asangat cintanya kepada kaumnya,Nabi Nuh menyatakan rasa cemas dan takutnbya kalau perbuatan yang sangat salah ini diteurskan juga.siksaan Alloh yang sagat besar akan dijatuhkan keatas pundak mereka.rasa takut yang dinyatakan Nuh ini,bukanlah takut akan bahya yang mengancam durinya sendiri ;tetapi karena masih sayangnyakepada kaum itu.tetapi kalau sudah terlalu tidak juga memperdulikan ajakan dan ancaman kasih cinta itu bisa berubah jadi kemurkaan,sehingga pernah Nuh mendoakan kepad aLloh agar jangan diberi peluang lagi bagi kaum itu berdiamdalam dunia ini.(71;22).tinggalkan saja orang-orang beriman.

SURAT AL-RA’DU 36

Orang-orang telah kami berikan kitab kepada mereka,bergembira dengan kitab yang diturunkan kepadamu.dan diantara golongan-golongan (Yahudi dan Nasrani) yang bersekutu ada yang menginkari.sebagianya.katakanlah, “sesungguhnya aku hanya diperintahkan untuk menyembah Alloh dan tidak mempersekutukan sesuatu pun dengan dia.hanya kepada-Nya aku seru(manusia) dan hanya kepeda-Nya aku kembali.

Alloh SWT.berfirman bahwa orang-orang yang telah diberi kitab suci dari Tuhan dan yang melaksanakan apa yang tercantum didalamnya,turut bergembira dengan diturunkanya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad karena sesuai dengan apa yang tersurat dalam kitab-kitab suci mereka.akan tetapi ada golngan dari orang-orang yahudi dan nasrani yang bersekutu menginkari kebenaran sebagai dari apa yang diturunkan dari Muhammad.

Katakanlah hai Muhammad kepada mereka aku hanya diutu untuk berseru kepada manusia agar bersembah hanya kekpada Alloh yang maha esa dan yan gtidak bersekutu.sebagaimana para Rosul sebelum Aku di utus-Nya.kepada jalan-Nya aku mengajak orang –orang dan kepada-Nyalah aku akan kembali.

SURAT AZ-ZUMAAR

11.katakanlah sesungguhnya aku ini diperintahkan kepadaku bahwa hendaklah aku mengabdi kepada Alloh Dalam keadaan memurnikan agamaku kepadanya semata.

12.Dan dipertintahkan pula kepadaku bahwasanya aku adalah orang yang mula-mula berserah diri

13.Katakanlah bahwa sesungguhnya aku takut jika aku mendurhaka kepada tuhanku dan azab siksaan dihari yang besar itu

14.Katakana lah allloh yang aku sembah dalam keadaan ikhlas agamakku bagi-Nya

15.Maka sembahlah olehmu apa yang kamu kehendaki selain dia.katakanlah sesungguhnya orang-orang rugi ialah orang yang merugikan dirinya sendiri dan keluarga mereka di hari kiamat.ketahuilah!yang demikian itu kerugian yang nyata.

16.Bagi mereka dari atas mereka lapis naungan dari api dan dari bawah mereka lapisan-lapisan itu pula .demikin Alloh mempertakuti hamba-hamba-Nya.wahai hamba-hamba-Ku.maka taqwalah kamu kepada-Ku.

Katakanlah sesungguhnya aku ini diperintahkan kepadaku bahwa hendaklah aku mengabdi kepada Alloh Dalam keadaan memurnikan agamaku kepadanya semata.

Dengn ayat ini tuhan memerintahkan kepada nabi muhammad SAW supaya menyampaikan berterus terang kepada kaumnya kaum quraisy itu teentang pendirian dan akidahnya.yaitu bahwa dia diperintahkan mengabdi kepada Alloh yang maha kuasa.maha esa,seluruh gerk hidup dan perjuangan adalah dari kesadaran.atau dari niat.dan seluruhnya itu adalah agama.dan tujuannya hanya satu saja.Alloh.bersih.suci dan tidak dikotori oleh kehendak lain. memurnikan agamaku kepadanya semata.dan ini memang dijelaskan dalam ayat 2 dari surat azzumar ini dipangkal surat.ketoika menerangkan apa maksud isi al-kitab yang yditurunkan kepadanya SAW dan di ayat tiga dijelaskan lagi bahwa hanya untuk Alloh agama yang murni inilah yang sekarang dijelaskan kembali dengan tiada tedeng aling-aling oleh Nabi kepada kaumnya. Meskipun beliau sedarah daging senenek moyang seketurunan engan mereka itu.namun pegangan hidupnya berbeda dengan pegangan hidup mereka.mereka menyembah berbagai maam berhala.ada laata,uzza,ada maanata yang besar dan ad lagi yang lainnya.namun ia terlepas dari itu sama sekali.

Dan dipertintahkan pula kepadaku bahwasanya aku adalah orang yang mula-mula berserah diri

Tegasnya ialah bahwa segala yang diperintahkan tuhan supaya aku sampaikan kepada kaumku dan seluruh ummat manusia ,akulah yang dahulu yang wajib memulainya.aku yang jalan dimuka,aku ajrkan ini ,agam yang murni menuju tuhan semata-mata ini bernama ISLAM,dan islam artinya berserah diri.sebelat sepenuh diri ini berserah kepad alloh.Artinya bukan hanya Nabilah yang menyampikan menyuruhkan padahal dia sendiri tidak memberikan contoh.dia adalah konsekwen dengan pendirian yang dianjurkannya.

Katakanlah bahwa sesungguhnya aku takut jika aku mendurhaka kepada tuhanku dan azab siksaan dihari yang besar itu

Ayat inipun menjelaskan lagi bagaimana berat tanggung jawab beliau sebagai rosul.dia tidak boleh mundur selangkah.dalam hal akidah tidak da tegang menegang.nabi mesti mengatakan terus terang mana yang salah.kalau tidak disamapaikannya,berdosalah dnia.dan besarlah azabyang akan iterimanya nanti di hari kiamat.bahkan dia pernah mengatakan,meskipun matahari diletakan disebeah kananku dan bulan disebelah kiriku namu aku tiadakkan berhenti dari perjuangan ini.sampai Alloh menentukan siapa yang akan menang.

Disuruh dia menjelaskan sekali lagi:

Katakana lah allloh yang aku sembah dalam keadaan ikhlas agamakku bagi-Nya

Ayat ini dalah penjelas lagi dari ayat 11 bahwa seluruh kegiatan adalah agama dan agama itu hanya semata-mata murni buat Alloh.tidak ada persembahan dan pengabdian kepada yang lain.

Maka sembahlah olehmu apa yang kamu kehendaki selain diamaksud ayat ini bukan sebenarnya Nabi menyuruh untuk menyembah yang lain melainkan sebagai tantangan belaka.Nabi telah menelaskan pendiriannya,bahwa bagi dia tuhan yang yang disembah hanya telah menjelaskan penndirian,bahwa bagi dia tuhan yang disembah hany satu,dan segala gerak agama hanya murni menuju tuhan yang satu itu.kalau kalian tidak menurunkan ajakanku itu.kalian terus menyembah yang lain yang mana yang kalian suka. katakanlah sesungguhnya orang-orang rugi ialah orang yang merugikan dirinya sendiri dan keluarga mereka di hari kiamat.sebab kiamat itu pasti akan dialami dan kehidupan yang sekarang ini sekali-kali tidak akan berulang lagi.sebab itu kalau terlanjur berbuat salah tidak akan dapat diperbaii lagi.karena tidak dapat mengulang lagi hidup yangh telah lalu. ketahuilah!yang demikian itu kerugian yang nyata.

Memang sangat nyata lah kerugian bagi barang siapa mengabdi dan menyembahkepadaselin Alloh.sebab yang selai itu tidak berkuasa apa-apa,tidak sanggup membalasi amal yang baik dengan kebaikan.dan semua amal akan dipertanggung jawabkan langsung dihadaoan dengan tuhan itu,melainkan kesalahan belaka.dan kesalahan itu akan mendapat azab dan siksaan.

Lalu dijelasakan bagaimana macam azab siksa yang akn mereka terima kelak.

Bagi mereka dari atas mereka lapis naungan dari api artinya ialah bah wa dari atas mereka datanglah api berlapis-lapis akan menimpa mereka dengan azab yang sangat panas; dan dari bawah mereka lapisan-lapisan itu pula yaitu api pula sebagai yang menimpaatas itu .demikin Alloh mempertakuti hamba-hamba-Nya agar merek jauhilah jalan yang buruk itu dan terimal ajakan rosul.

Kalau Alloh mempertakuti bukan berarti sebagai mempertakuti anak kecil terhadap ahntu,tetapi enjelaskan bahaya yang akn mereka terima kelak ,yang apabila sudah terlanjur sampai kesana tidaklah dapt mengelakan lagi .sam juga halnya dengan rambu-rambu dan tanda-tanda peringatan bagi kendaraan yang lau lintas ,bahwa selepas belokan ini aka nada tikungan yang berbahaya atau kalau hari hujan jalan ini terlalu licin maka neui bahaya besar.kalau mereka tidak hati-hati menempuh tikungan yang disyaratkan itu kebetulan sesampai disana ada lagi mobil dari muka bisa saja teradi tbrukan yang berbahaya.akan menyebabkan kedua kendaraan hancur dan penumpangnya dapat mara bahaya.dan kalau7 tidak ada membawa mobil ditempat licin diwaktu hujan itu ,boleh jadi karena licinny mobil jadi selip dan tidak bisa dikendalliakn lagi lalu meluncur masuk lurah.

Di ujung aya dijelaskan maksud yang sejati Wahai Hamba-Hamba-Ku.Maka Taqwalah Kamu Kepada-Ku.

Suruhan taqa pada ayat ini tdak tepat kalau diartikan takutlah kepadaku.karena tuhan sebelumnya telah menjelaskan bahwa tuhan telah mempertakuti hamba-hamba-Nya,dari bahaya yang akan menimpa jika mereka tidak hati-hati dari semula.seruan alloh di ujung ayt ini. wahai hamba-hamba-Ku.maka taqwalah kamu kepada-Ku.bukan lagi isi ancaman mempertakuti melainkan memanggil hamba-Nya yang semuanbya dikasihi,sayani dan cintai.agar lekas-lekas melindungkan diri kepada tuhan. Jangan melu,pakan-Nya sehingga perjaanan didunia ini dilakukan dengan hati-hati. Dan dibawah perlindungan-Nya.

Apabila kit abaca uun ayat ini ;Wahai hamba-hamba-Ku!seakan-akan tuhan bersabda marilah kemari ,bernaunlah dibawah payung-Ku!sejemput kasih sayang yang didemikian dipercikan oleh Tuhan kepada seekor induk ayam yang sedang membawa anak-anak-Nya mencari makan .bila bertemu sebesar remah kecilpun induk ayam itu berkotak memanggil ayam itu ,mari kalian,mari kalian.anak ayam ituberkejaran berkerumnun,lalu dipecah-pecahnya remah kecil itu dan dibagi-bagi dalam riuh sorak ciap-ciap anak ayam itu.

Kasih sayang itpun dipercikan kepada seorang ibu yang mempunyai seorang anak yang sedang nakal dan manja dalam usia barukira-kira 8 tahun.1dia kena marah oleh ibunbya karena baju baru saja ditukr pagi-pagi,tiba-tiba setelah keluar rumah sebentar dan pulang sudah kotor.karea dimarahi sikanak merajuk dan pergi entah kemana.sudah senja belum juga pulang.si ibu sudah gelisah tetapi tidak dinampakannya pada wajahnya.pintu ditutup karena sudah malam.siibu sebenarnya tidak tidur .segera gerak-gerik diluar rumah didenfarkan dengan hati-hati.didengarnya bunyi ank pulang dengan ketakutan akan kena marah duduk berdiam diri di beranda.dengan pelan-pelan anak itu diangkat oleh ibunya ketika tidur di berand adengan kasih sayangnya.

Wahai hamba-hamba-Ku.maka taqwalah kamu kepada-Ku.

0 komentar:

Posting Komentar