Pages

Rabu, 02 Juni 2010

STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB MADRASAH TSANAWIYAH

STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB

MADRASAH TSANAWIYAH

A. LATAR BELAKANG

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak berti­tik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidu­pannya yang dilandasi oleh akidah.

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. al-Qur'an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan baik. Aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek keimanan/akidah dan akhlak untuk SMP/MTs, serta memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.

B. TUJUAN

1. Al-Qur'an-Hadis

Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis MTs ini merupakan kelanjutan dan kesinambungan dengan mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis pada jenjang MI dan MA, terutama pada penekanan kemampuan membaca al-Qur'an-hadis, pemahaman surat-surat pendek, dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.

Adapun tujuan mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis adalah :

a. Meningkatkan kecintaan siswa terhadap al-Qur'an dan hadis.

b. Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.

c. Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca.

2. Akidah-Akhlak

Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari tentang rukun iman mulai dari iman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, sampai iman kepada Qada dan Qadar yang dibuktikan dengan dalil-dalil naqli dan aqli, serta pemahaman dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna dengan menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan individu dan sosial serta pengamalan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk :

a. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;

b. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

3. Fikih

Pembelajaran fikih diarahkan untuk mengantarkan peserta didik dapat memahami pokok-pokok hukum Islam dan tata cara pelaksanaannya untuk diaplikasikankan dalam kehidupan sehingga menjadi muslim yang selalu taat menjalankan syariat Islam secara kaaffah (sempurna).

Pembelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah bertujuan untuk membekali peserta didik agar dapat: (1) mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah. (2) Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Sejarah Kebudayaan Islam di MTs merupakan salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan/peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari perkembangan masyarakat Islam pada masa Nabi Muhammad SAW dan Khulafaurrasyidin, Bani ummayah, Abbasiyah, Ayyubiyah sampai perkembangan Islam di Indonesia. Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:

a. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

b. Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan.

c. Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.

d. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.

e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.

5. Bahasa Arab

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan Hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.

Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut:

a. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).

b. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.

c. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

C. RUANG LINGKUP

1. Al-Qur'an-Hadis

Ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

a. Membaca dan menulis yang merupakan unsur penerapan ilmu tajwid.

b. Menerjemahkan makna (tafsiran) yang merupakan pemahaman, interpretasi ayat, dan hadis dalam memperkaya khazanah intelektual.

c. Menerapkan isi kandungan ayat/hadis yang merupakan unsur pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

2. Akidah-Akhlak

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

a. Aspek akidah terdiri atas dasar dan tujuan akidah Islam, sifat-sifat Allah, al-asma' al-husna, iman kepada Allah, Kitab-Kitab Allah, Rasul-Rasul Allah, Hari Akhir serta Qada Qadar.

b. Aspek akhlak terpuji yang terdiri atas ber-tauhiid, ikhlaas, ta’at, khauf, taubat, tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukur, qanaa’ah, tawaadu', husnuzh-zhan, tasaamuh dan ta’aawun, berilmu, kreatif, produktif, dan pergaulan remaja.

c. Aspek akhlak tercela meliputi kufur, syirik, riya, nifaaq, anaaniah, putus asa, ghadlab, tamak, takabbur, hasad, dendam, giibah, fitnah, dan namiimah.

3. Fikih

Ruang lingkup fikih di Madrasah Tsanawiyah meliputi ketentuan pengaturan hukum Islam dalam menjaga keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT dan hubungan manusia dengan sesama manusia. Adapun ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah meliputi :

a. Aspek fikih ibadah meliputi: ketentuan dan tatacara taharah, salat fardu, salat sunnah, dan salat dalam keadaan darurat, sujud, azan dan iqamah, berzikir dan berdoa setelah salat, puasa, zakat, haji dan umrah, kurban dan akikah, makanan, perawatan jenazah, dan ziarah kubur.

b. Aspek fikih muamalah meliputi: ketentuan dan hukum jual beli, qirad, riba, pinjam- meminjam, utang piutang, gadai, dan borg serta upah.

4. Sejarah Kebudayaan Islam

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah meliputi:

a. Pengertian dan tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam

b. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

c. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

d. Memahami peradaban Islam pada masa Khulafaurrasyidin

e. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Umaiyah

f. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Bani Abbasiyah

g. Perkembangan masyarakat Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

h. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

5. Bahasa Arab

Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah meliputi tema-tema yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, rumah, hobi, profesi, kegiatan keagamaan, dan lingkungan.

D. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

1. Al-Qur’an-Hadis

a. Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup

1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadis

1.2 Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur'an dan al-Hadis

1.3 Menerapkan al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam

2. Mencintai al-Qur'an dan al-Hadis

2.1 Menjelaskan cara mencintai al-Qur'an dan al-Hadis

2.2 Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Qur'an dan al-Hadis

2.3 Menerapkan perilaku mencintai al-Qur'an dan al-Hadis dalam kehidupan

3 Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah

3.1 Memahami isi kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah

3.2 Menerapkan kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas dalam kehidupan sehari-hari

4. Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

4.1 Menulis hadis tentang iman dan ibadah

4.2 Menerjemahkan makna hadis tentang iman dan ibadah

4.3 Menghafalkan hadis tentang iman dan ibadah

4.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

4.5 Menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

b. Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan

1.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukuun dalam QS al-Bayyinah dan al-Kafirun

2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi

2.1 Memahami isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi

2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang membangun kehidupan umat beragama dalam fenomena kehidupan

2.3 Menerapkan kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari

3. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah

3.1 Memahami isi kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr tentang problematika dakwah

3.2. Menerapkan kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr dalam kehidupan sehari-hari

c. Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan

1.1 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah, tafkhim, dan mad ‘aridh lissukun dalam al-Qur’an

1.2 Menerapkan hukum bacaan nun mati, dan mim mati dalam al-Qur'an

2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang ketentuan rezeki dari Allah

2.1 Memahami isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah tentang ketentuan rezeki dari Allah

2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah

tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan

2.2 Menerapkan isi kandungan QS al-Quraisy dan al-Insyiraah

tentang ketentuan rezeki dari Allah dalam kehidupan

3. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang kepedulian sosial

3.1 Memahami isi kandungan QS al-Kautsar dan al-Maa’un tentang kepedulian sosial

3.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kautsar dan al-Maa’un tentang kepedulian sosial dalam fenomena kehidupan

4. Memahami hadis tentang tolong- menolong dan mencintai anak yatim

4.1 Menulis hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim

4.2 Menerjemahkan makna hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim

4.3 Menghafal hadis tentang tolong-menolong dan mencintai anak yatim

4.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku tolong menolong dan mencintai anak yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

d. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan

1.1 Menerapkan hukum bacaan lam dan ra' dalam QS al-Humazah dan at-Takaatsur

2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menimbun harta (serakah)

2.1 Memahami isi kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur

2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki dalam fenomena kehidupan

2.3 Menerapkan kandungan QS al-Humazah dan at-Takaatsur dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

3. Memahami hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

3.1 Menulis hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

3.2 Menerjemahkan makna hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

4.3 Menghafal hadis tentang keseimbangan hidupa di dunia dan akhirat

5.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

e. Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Membaca al-Qur'an surat pendek

Pilihan

1.1 Menerapkan hukum mad silah dalam QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah

1.2 Menerapkan hukum mad laazim mukhaffaf kilmi, mutsaqqal kilmi, dan Farqi dalam al-Qur'an

2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang hukum fenomena alam

2.1 Memahami isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam

2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Qaari’ah dan al-Zalzalah tentang hukum fenomena alam dalam kehidupan

2.3 Menerapkan kandungan al-Qaari’ah, al-Zalzalah dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya

3. Memahami hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.1 Menulis hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.2 Menerjemahkan makna hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.3 Menghafal hadis tentang menjaga dan melestarikan lingkungan alam

3.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menjaga dan melestarikan lingkungan alam dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

f. Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan

1.1 Menerapkan hukum bacaan mad, lam dan ra' dalam QS al-Ashr dan al-‘Alaq

1.2 Menerapkan hukum bacaan mad laazim mukhaffaf harfi dan mutsaqqal harfi dalam al-Qur'an

2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

2.1 Memahami isi kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu

2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan

2.3 Menerapkan kandungan QS al-Ashr dan al-‘Alaq tentang menghargai waktu dan menuntut ilmu dalam fenomena kehidupan sehari-hari

3. Memahami hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

3.1 Menulis hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

3.2 Menerjemahkan makna menuntut ilmu dan menghargai waktu

3.3 Menghafal hadis tentang menuntut ilmu dan menghargai waktu

3.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis dalam perilaku menuntut ilmu dan menghargai waktu dalam fenomena kehidupan dan akibatnya

2. Akidah-Akhlak

a. Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah

1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam

1.1

Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam

1.2

Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam

1.3

Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan

1.4

Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan

2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya

2.1

Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

2.2

Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.

2.3

Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.

2.4

Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

Akhlak

1. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat

1.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat

1.3

Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan

1.4

Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari

b. Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah

1. Memahami al-asma' al-husna

1.1

Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.2

Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.3

Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

1.4

Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari

2.2 Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat

2.1

2.2

2.3

2.4

Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan

Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan

Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan

Akhlak

3.3 Menghindari akhlak tercela kepada Allah

3.1

Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq

3.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya' dan nifaaq

3.3

Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya' dan nifaaq dalam fenomena kehidupan

3.4

Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya' dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari

c. Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah

1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT

1.1

Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

1.2

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT

1.3

Menjelaskan macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT

1.4

Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT

Akhlak

1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

1.1

1.2

1.3

1.4

Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah

Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan

Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah

2. Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri

2.1

Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur

2.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur

2.3

Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur

2.4

Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur

d. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah

1. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT

1.2

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT

1.3

Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT

1. 4

Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan

2. Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)

2.1

Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)

2.2

Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah

Akhlak

1. Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun

1.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun

1.3

Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena kehidupan

1.4

Membiasakan perilaku husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari

2. Menghindari akhlak tercela kepada sesama

2.1

Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah

2.2

Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah

2.3

Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah

2.4

Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari

Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah

1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir

1.1

Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir

1.2

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir

1.3

Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir

1.4

Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir

1.5

Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir

Akhlak

1. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif

1.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif

1.3

Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan

1.4

Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari

f. Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

Akidah

1. Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar

1.1

Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar

1.2

Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar

1.3

Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar

1.4

Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.

1.5

Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah

Akhlak

1. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

1.1

Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

1.2

Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

1.3

Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan

1.4

Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

3. Fikih

a. Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)

1.1 Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )

1.2 Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya

1.3 Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya

1.4 Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas

2. Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi

2.1 Menjelaskan tatacara salat lima waktu

2.2 Menghafal bacaan-bacaan salat lima waktu

2.3 Menjelaskan ketentuan waktu salat lima waktu

2.4 Menjelaskan ketentuan sujud sahwi

2.5 Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi

3. Melaksanakan tatacara azan, iqamah ,salat jamaah

3.1 Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah

3.2 Menjelaskan ketentuan salat berjamaah

3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk

3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa

3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal

3.6 Mempraktikkan azan, iqamah, dan salat jamaah

4. Melaksanakan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat

4.1 Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat

4.2 Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah salat

4.3 Mempraktikkan zikir dan doa

b. Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu

1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah Jumat

1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat Jumat

1.2 Menjelaskan ketentuan salat jenazah

1.3 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah

1.4 Mempraktikkan salat jenazah

2. Melaksanakan tatacara salat jama’, qhasar, dan jama’ qasar serta salat dalam keadaan darurat

2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar

2.2 Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar

2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan

2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan

3. Melaksanakan tatacara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad

3.1 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad

3.2 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad

3.3 Mempraktikkan salat sunnah muakkad

3.4 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad

3.5 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad

3.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad

c. Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Melaksanakan tata cara sujud di luar salat

1.1 Menjelaskan ketentuan sujud syukur dan tilawah

1.2 Mempraktikkan sujud syukur dan

tilawah

2. Melaksanakan tatacara puasa

2.1 Menjelaskan ketentuan puasa

2.2 Menjelaskan macam-macam puasa

3. Melaksanakan tatacara zakat

3.1 Menjelaskan ketentuan zakat fitrah dan zakat maal

3.2 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat

3.3 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan maal

d. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami ketentuan pengeluaran harta di luar zakat

1.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shadaqah, hibah dan hadiah

1.2 Mempraktikkan sedekah, hibah dan hadiah

2. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah

2.1 Menjelaskan ketentuan ibadah haji dan umrah

2.2 Menjelaskan macam-macam haji

2.3 Mempraktikkan tatacara ibadah haji dan umrah

2. Memahami hukum Islam tentang makanan dan minuman

2.1 Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman halal

2.2 Menjelaskan manfaat mengkonsumsi makanan dan minuman halal

2.3 Menjelaskan jenis-jenis makanan dan minuman haram

2.4 Menjelaskan bahayannya mengkonsumsi makanan dan minuman haram

2.5. Menjelaskan jenis-jenis binatang yang halal dan haram dimakan

e. Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami tata cara penyembelihan, kurban, dan akikah

1.1 Menjelaskan ketentuan penyembelihan

binatang

1.2 Menjelaskan ketentuan kurban

1.3 Menjelaskan ketentuan akikah

1.4 Mempraktikkan tatacara kurban dan

akikah

2. Memahami tentang muamalah

2.1 Menjelaskan ketentuan jual beli

2.2 Menjelaskan ketentuan qiradh

2.3 Menjelaskan jenis-jenis riba

2.4 Mendemonstrasikan ketentuan pelaksanaan jual beli, qiradh, dan riba

f. Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami muamalah di luar jual beli

1.1 Menjelaskan ketentuan pinjam meminjam

1.2 Menjelaskan ketentuan utang piutang, gadai, dan borg

1.3 Menjelaskan ketentuan upah

1.4 Mendemonstrasikan ketentuan tata cara pelaksanaan pinjam meminjam, utang piutang, gadai dan borg serta pemberian upah

2. Melaksanakan tatacara perawatan jenazah dan ziarah kubur

2.1 Menjelaskan ketentuan tentang pengurusan jenazah, takziyah dan ziarah kubur

2.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan harta si mayat (waris)

2.3 Mempraktikkan tatacara pengurusan jenazah

b. Sejarah Kebudayaan Islam

a. Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami sejarah kebudayaan Islam

1.1 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam

1.2 Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam

1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah

2.1 Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat

2.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,

kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang

2.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah

3.1 Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan

3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang

3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah

b. Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin

1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin

1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang

1.3 Meneladani gaya kepemimpinan

Khulafaurrasyidin

2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah

2.1 Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah

2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang

2.5 Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz

c. Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah

1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Daulah Abbasiyah

1.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

1.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah

1.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang akan datang

1.5 Meneladani ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah

d. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

2.1 Menceritakan sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah

2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah

2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah

2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti al-Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang

2.5 Meneladani sikap keperwiraan Shalahuddin al-Ayyubi

e. Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami perkembangan Islam di Indonesia

1.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran

1.2 Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi

1.3 Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia

1.4 Meneladani semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia

f. Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara

1.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam

1.3 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara

c. Bahasa Arab

a. Kelas VII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

التعارف - المدرسة

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :

التعارف - المدرسة

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

التعارف - المدرسة

2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

2.1 Melakukan dialog sederhana tentang

التعارف - المدرسة

2.6 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

التعارف - المدرسة

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

التعارف - المدرسة

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat

wacana tertulis sederhana tentang:

التعارف - المدرسة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran

dari wacana tertulis sederhana tentang:

التعارف - المدرسة

4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang

التعارف - المدرسة

4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara

ertulis dalam kalimat sederhana tentang

التعارف المدرسة

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat

(مبتدأ + خبر ), dengan مبتدأ yang meliputi: (ضمير مفرد، إشارة مفرد) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan

أدوات جرّ

b. Kelas VII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

1.4 Menemukan informasi dari wacana lisan

sederhana tentang :

البيت - الأسرة - العنوان

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal

2.1 Melakukan dialog sederhana tentang

البيت - الأسرة - العنوان

2.2 Menyampaikan informasi secara lisan

dalam kalimat sederhana tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal

3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat

wacana tertulis sederhana tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran

dari wacana tertulis sederhana tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal

4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

4.3 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:

البيت - الأسرة - العنوان

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :

خبر مقدم - مبتدأ مؤخر - نعت - خبر (فعل مضارع للمفرد) - عدد (رقم) : 1 - 100

c. Kelas VIII, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah

2.1 Melakukan dialog sederhana tentang

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

2.3 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah

3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah

4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:

الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:

جملة اسمية مفعول به جملة فعلية

d. Kelas VIII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

الهواية - المهنة

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :

الهواية - المهنة

1.1 Melakukan dialog sederhana tentang:

الهواية - المهنة

1.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

االهواية - المهنة

2. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi

3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

الهواية - المهنة

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:

الهواية - المهنة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:

الهواية - المهنة

3. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi

3.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang:

الهواية - المهنة

3.4 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:

الهواية - المهنة

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :

( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول

e. Kelas IX, Semester 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

المناسبات الدينية

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan

sederhana tentang :

المناسبات الدينية

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

المناسبات الدينية

2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan

2.1 Melakukan dialog sederhana tentang

المناسبات الدينية

2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

المناسبات الدينية

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan

3.1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

المناسبات الدينية

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat

wacana tertulis sederhana tentang:

المناسبات الدينية

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:

المناسبات الدينية

4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan

4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang :

المناسبات الدينية

4.2Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:

المناسبات الدينية

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :

لا الناهية لم الفعل الماضي في الجملة الفعلية

f. Kelas IX, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata

2.1. Melakukan dialog sederhana tentang :

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata

3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat

wacana tertulis sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata.

4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana

tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم جمال المناظر الطبيعية الحفاظ على البيئة

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :

المجرد والمزيد - فعل الأمر - اسم التفضيل الموصول

E. ARAH PENGEMBANGAN

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

2 komentar:

fatih nurfahmi mengatakan...

makasih pak...berkat tulisan ini ahirnya kelar juga tugasku...

Inspirasi mengatakan...

Terima kasih PAK Andre SK & KD NYA.....saya download nggeh....

Posting Komentar